Cara Mencuci Pompa ASI Paling Efektif untuk Menghindari Kuman

Cara Mencuci Pompa ASI Paling Efektif untuk Menghindari Kuman

Pompa ASI merupakan perlengkapan bayi yang wajib dim9iliki oleh ibu pekerja. Perlengkapan yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi bagi sang buah hati. Namun hal ini juga harus diimbangi dengan cara mencuci pompa ASI dengan benar demi menjaga kesehatan si kecil. Berikut merupakan cara mudah membersihkannya.

Baca dan Pahami Instruksi Pedoman Penggunaan dan Pencucian Pompa ASI

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika hendak membersihkan pompa ASI adalah memahami pedoman dan instruksi cara penggunaan dan pencucian pompa ASI. Meskipun dirasa tidak penting, namun nyatanya hal yang satu ini tidak boleh diangga[ remeh. Mengapa? Pasalnya setiap jenis pompa ASI tentunya memiliki prosedur dan cara perawatan yang berbeda.

Oleh sebab itu, ketika memutuskan untuk membeli pompa ASI, pastikan Anda membaca dan memahami dengan benar mengenai semua aturan dan cara mencuci pompa ASI dengan benar. Biasanya setiap jenis pompa ASI tentunya memiliki prosedur yang berbeda-beda. Selain itu, pastikan juga Anda mengetahui dengan benar mengenai hal apa yang perlu Anda hindari.

Ketahui Bagian yang Boleh dan Tidak Boleh Dicuci

Ternyata tidak semua bagian pompa ASI dapat dicuci. Oleh sebab itu, pastikan Anda memahami peraturan mencucinya dengan baik. Pada umumnya bagian yang bisa Anda cuci seperti botol, katup, klep, leher, dan bagian corong. Dan sebaliknya bagian pompa ASI yang tidak boleh dicuci adalah mesin pompa ASI dan selang. Jadi perhatikan dengan baik ya.

Bersihkan Pompa ASI Segera Setelah Digunakan

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah membersihkan pompa ASI sesegera mungkin setelah digunakan. Jangan biarkan pompa ASI yang sudah digunakan terbengkalai dan tidak dibersihkan. Mengapa? Pasalnya hal ini akan memberikan kesempatan bagi kuman dan bakteri untuk berkembang yang justru dapat membahayakan kesehatan sang buah hati.

Pastikan Melepas Semua Bagian Pompa ASI Satu Per Satu

Pada umumnya pompa ASI terdiri dari beberapa bagian yang dapat dilepas pasang. Oleh sebab itu ketika membersihkan pompa ASI, pastikan Anda membuka semua bagian satu per satu. Jangan malas untuk membuka semua bagian satu per satu. Mengapa? Pasalnya hal ini akan mempermudah Anda selama membersihkannya agar pompa ASI bersih secara menyeluruh.

Rendam Pompa ASI Satu Per Satu Ketika Sudah Dilepaskan

Setelah semua bagian pompa ASI dilepaskan satu per satu, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah merendam bagian tersebut secara bergantian. Pastikan Anda merendamnya dengan menggunakan air panas yang sudah dicampur dengan sabun khusus pencuci botol bayi. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sekaligus menjaga agar pompa ASI tetap steril.

Nah, di atas merupakan beberapa cara mencuci pompa ASI dengan mudah dan menjaganya agar tetap dalam keadaan steril. Pastikan Anda membersihkannya secara menyeluruh demi menjaga kesehatan sang buah hati. Pasalnya pompa ASI merupakan perlengkapan bayi yang paling sering digunakan demi menjaga asupan gizi sang buah hati agar tetap terpenuhi.

About: admin


shares